Selasa, 23 Oktober 2012

Pusat Bantu Pulihkan Populasi Cendana


MENURUNNYA populasi cendana dan gaharu di Provinsi NTT, mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat. Melalui APBN, Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran Rp 10 miliar tiap tahun anggaran sejak 2010, untuk membantu Pemprov memulihkan populasi cendana dan gaharu.
Hal itu dikatakan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan Darori kepada wartawan di Kupang, Minggu (14/10) malam.
Dia menjelaskan, dana Rp 10 miliar tersebut, sebesar Rp 5 miliar dialokasikan untuk Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Noelmina, dan sisanya untuk 20 kabupaten di NTT, masing-masing Rp 250 juta.
Bentuk perhatian Pemerintah Pusat lainnya, kata dia, adalah dibangunnya pusat pembibitan cendana dan gaharu di Kabupaten Ngada, Sumba Tengah, dan Lembata. Selain itu, dibangun pula empat unit UPTD dan Litbang pembibitan cendana di beberapa kabupaten/kota di NTT.
“Pemerintah Pusat akan terus membantu memulihkan kembali populasi cendana di NTT,” katanya.
Perhatian Pemerintah Pusat ini, katanya, sudah melalui pertimbangan yang matang, antara lain NTT pernah terkenal sebagai daerah cendana. Kualitas cendana asal NTT berbeda dengan cendana yang tumbuh di daerah lainnya di Indonesia. “Karena itu Pemerintah Pusat sangat serius membantu untuk memulihkan atau mengembalikan NTT sebagai daerah penghasil cendana dan gaharu,” katanya.
Selain bantuan berupa kucuran dana, katanya, Pemerintah Pusat juga sedang memikirkan upaya untuk peningkatan kapasitas masyarakat lokal untuk mengawasi cendana di masing-masing kabupaten/kota.
Secara alamiah, cendana tumbuh di sejumlah daerah di NTT, terutama di Timor, Sumba, dan beberapa daerah lainnya. Namun seiring perkembangan, dan tata kelola yang kurang memperhatikan pelestarian tanaman ini, populasi cendana terus mengalami penurunan sampai titik yang mengkhawatirkan. Di beberapa tempat yang dulu kaya akan cendana seperti Solor dan daerah lainnya, cendana dan gaharu sudah punah sama sekali. (aje/D-1)

Sumber :  http://www.victorynewsmedia.com/berita-10907-pusat-bantu-pulihkan-populasi-cendana.html  (Selasa, 16 Oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar